Senin, 29 Juni 2009

Ponda yang Mau Berbagi


AGUS PONDA,S.S. lahir di Ciamis, Jawa Barat, 9 Agustus 1973. Saat ini adalah Pemimpin Redaksi Tabloid Pendidikan Ganesha di Ciamis Jawa Barat. Media yang pernah memuat tulisan-tulisannya diantaranya Majalah Sunda Mangle, Majalah HumOr Nasional, Majalah Seru, Majalah Misteri, Pikiran Rakyat dan Surabaya Post, Tabloid SAS, Koran IMSA dan Tabloid Ganesha. Sayang dokumentasi naskah yang telah dimuat sebagian besar hilang.
Tulisan pertamanya berupa puisi dimuat di Tabloid Mitra Desa (Pikiran Rakyat Grup Bandung, kini Mitra Bisnis) ketika masih SMP. Sedangkan artikel dan cerpennya mulai dimuat media cetak sejak kelas dua SMA. Ia juga aktif mengisi Mading Melissa SMAN 1 Ciamis.
Tahun 1992, setahun sebelum kuliah, ia berguru menulis pada penulis senior Bandung Roesli Lahani Yunus dan menjadi anggota Balai Pendidikan Jurnalistik. Bersama gurunya dan belasan penulis ia menjadi peserta termuda Pameran Karya Tulis Hari Pers Nasional di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan Naripan Bandung. Saat kuliah di Ilmu Sejarah Universitas Negeri Jember, Jawa Timur tulisannya juga pernah dimuat di tabloid fakultasnya bernama ‘SAS’ yang kemudian oleh rezim Orde Baru dibrendel tahun 1994. Sambil kuliah ia juga menulis untuk media umum terutama artikel, cerpen dan humor.
Selesai kuliah ia juga sempat membuat buletin remaja masjid Suara Ciminyak di kampungnya. Lalu mendirikan koran Dwimingguan IMSA di Ciamis dengan jabatan redaktur pelaksana sekaligus wartawan (2001-2003).Sejak tahun 2004 ia direkrut PGRI Kabupaten Ciamis menjadi pemimpin redaksi tabloid pendidikan Ganesha. Ia menjadi editor untuk beberapa buku pendidikan seperti Indonesia Yes, Islam No? "Nikmati Proses" karya Dr. Gumilar, MM dan penyusun buku "Guru Samidrun" karya Dr. Wawan S.A. Arifien, MM.Saat ini ia juga sedang menyiapkan beberapa tulisan mulai dari novel, cerita lucu, bidang umum, hingga keagamaan untuk dikirimkan ke penerbit buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar